Minggu, 24 Januari 2010

ATM Bobol..Gimana Ya Mengatasinya..??

| |

Akhir Januari ini dunia kejahatan pembobolan ATM terjadi lagi. Kali ini pembobolan Atm tidak dengan cara membongkar ATM dan mengambil isi ATM, tapi membobol uang nasabah dengan menggunakan teknologi canggih.

Teknologi yang digunakan saat ini tidak hanya menggunakan kamera saja karena di rasa kamera sangat kecil kemungkinannya. Alat yang terbaru saat ini dengan membuat duplikat tempat peasukan kartu ATM yang sudah dilengkapi dengan alat perekam sehingga saat kartu ATM dimasukkan semua data sudah terekam semuanya.

Sudah banyak korban yang tesedot uangnya, entah siapa yang mengambil karena mereka merasa tidak mengambil uang mereka. Uang mereka di sedot habis oleh pihak tak bertanggung jawab ini. Melihat kejadian ini, BI tak tinggal diam. BI memerintahkan bank untuk mengganti kerugian nasabah segera setelah proses verifikasi kerugian selesai dilakukan.

Sementara itu bank diminta mengganti kartu ATM nasabah yang dicurigai telah dicuri datanya dan melakukan edukasi kepada nasabah dan masyarakat mengenai keamanan penggunaan kartu ATM. BI juga telah meminta bank untuk memeriksa dan mendeteksi serta meningkatkan keamanan mesin-mesin ATM dan EDC (Electronic Data Capture) baik secara sistem maupun secara fisik atau lokasinya.

Sejumlah bank yang menjadi sasaran pembobolan telah mempublikasikan kerugiannya, antara lain adalah:

* BCA: 200 nasabah dibobol dengan kerugian sekitar Rp 5 miliar
* BNI: 19 nasabah dengan kerugian sekitar Rp 200 juta
* BRI: 3 nasabah dengan kerugian sekitar Rp 48,5 juta.

BI juga memberikan sejumlah tips yang bisa digunakan masyarakat agar terhindar dari pembobolan:

Melindungi kerahasiaan PIN antara lain dengan cara:
1. Menjaga kerahasiaan PIN

* Gantilah PIN secara berkala
* Menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga PIN tidak dilihat oleh pihak lain,
* Tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah merupakan petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN

2. Memperhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat dan atau kepada pihak berwajib.

3. Pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM pada merchant (toko yang bekerja sama dengan pihak perbankan), diharapkan nasabah memperhatikan kondisi alat EDC, bila terdapat alat (device) mencurigakan yang menempel pada EDC atau hal lain yang mencurigakan, nasabah dihimbau tidak bertransaksi dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat atau kepada pihak berwajib.

4. Segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi
5. Cari lokasi ATM yang relatif aman
6. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM, waspadalah selalu.

Bagi anda-anda yang memiliki simpanan di bank-bank yang menjadi sasaran pembobolan hendaknya melakukan seperti tips di atas untuk mencegah kejahatan tersebut menimpa anda.

sumber: http://www.detiknews.com/read/2010/01/22/082729/1283721/10/bi-pembobolan-atm-teratasi

0 komentar:

Ir arriba

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
aku dulu tak begini tapi sekarang kok gendut lagi
 
 

Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
Ir Arriba